9 Cara Lindungi Sendi

Berbagai aktivitas yang kita lakukan setiap hari akan memberi pengaruh pada tubuh, misalnya posisi yang salah saat duduk, membawa beban, atau mengangkat barang, yang dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Berikut beberapa tips untuk melindungi sendi.

1. Awasi berat badan Menjaga berat badan dalam rentang yang normal menjadi langkah terbaik yang bisa dilakukan bagi kesehatan sendi. Berat badan akan memberi beban pada persendian, seperti lutut, pinggul, dan punggung. Itu sebabnya, mereka dengan berat badan berlebih biasanya memiliki masalah sendi. Segera turunkan berat badan guna mengurangi tekanan pada sendi. Ingat, setiap kenaikan setengah kilogram akan memberi tekanan empat kali lipat pada lutut.

2. Berolahragalah Olahraga seperti aerobik dapat mengurangi pembengkakan sendi. Pilih olahraga aerobik benturan rendah, seperti bersepeda atau berenang. Cara sehat lainnya adalah banyak bergerak. Ubah posisi duduk secara berkala dan istirahat sejenak dari pekerjaan untuk melakukan peregangan atau berjalan mondar-mandir.

3. Bentuklah otot Otot yang kuat akan menyokong sendi dengan baik. Latihan beban membantu membangun otot. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai latihan beban. Anda tentu tak ingin membuat masalah pada sendi pada saat Anda ingin menguatkannya.

4. Batasi latihan Sejumlah latihan olahraga bisa jadi terlalu berat bagi sendi. Karena itu, hindari olahraga yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

5. Perbaiki postur tubuh Postur tubuh yang baik, pada saat duduk dan berdiri, akan melindungi sendi leher hingga lutut. Postur yang baik juga membantu melindungi sendi pinggul dan otot punggung. Perhatikan pula postur ketika mengangkat dan membawa barang.

6. Gunakan pengaman Pastikan Anda menggunakan helm, pelindung lutut, siku, maupun pergelangan tangan saat melakukan aktivitas berisiko tinggi, termasuk bersepeda, bermain sepatu roda. Penggunaan perlengkapan ini akan mencegah terjadinya cedera dan mengurangi tekanan pada sendi.

7. Kompres es Es merupakan pereda nyeri yang baik dan membantu meredakan pembengkakan pada sendi.

8. Asup makanan bergizi Makanan bergizi seimbang membantu menguatkan tulang. Tulang yang kuat membuat tubuh stabil dan mencegah terjadinya jatuh yang bisa menimbulkan kerusakan sendi. Pastikan Anda mengasup makanan kaya kalsium serta vitamin D. Konsumsi jeruk juga disarankan karena penelitian menunjukkan vitamin C dan antioksidan lainnya membantu mengurangi osteoartritis.

9. Lindungi dengan glukosamin Pemakaian glukosamin secara teratur membantu melindungi persendian dan mengurangi risiko osteoartritis. (GHS/dee)

Sumber
KOMPAS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s