Kopi Bantu Atasi Mati Rasa

Secangkir kopi kental mungkin memiliki lebih banyak khasiat daripada sekedar membuat orang terjaga hingga pagi hari, minuman itu juga dapat mencegah orang terserang multiple sclerosis/MS (sklerosa berganda).

Beberapa peneliti di Oklahoma mendapati tikus percobaan kelihatan terlindung dari kondisi seperti MS (mati rasa pada sekujur tubuh) dengan meminum enam hingga delapan cangkir kopi per hari.

“Ini adalah temuan yang menggembirakan dan tak terduga, dan saya kira itu dapat menjadi penting bagi studi mengenai MS dan penyakit lain,” kata Linda Thompson, dari Oklahoma Medical Researh Foundation.

Kafein mencegah adenosine, salah satu dari empat blok bangunan di dalam DNA, tercampur dengan reseptornya pada tikus. Adenosine adalah molekul umum pada manusia dan memainkan peran besar dalam membantu mengendalikan proses biokimia untuk tidur dan menekan kondisi terbangun.

Temuan tersebut dapat memiliki dampak penting bagi penyakit lain auto-imun seperti lupus dan radang sendi, kata peneliti itu. Namun, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam penelitian lebih lanjut karena tikus bukan manusia, sehingga mungkin tak terlalu meyakinkan apakah kafein akan memiliki dampak yang sama pada manusia yang mudah terserang MS tanpa ujicoba lebih lanjut.

Sebanyak 2,5 juta orang di seluruh dunia diduga menderita sklerosa berganda, gangguan pada sistem syaraf pusat, yang mengakibatkan hilangnya koordinasi otot. (Ant/OL-2)

Sumber
MediaIndonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s