Terapi Hypnosis Untuk Diri Sendiri

Dalam literature Hypnosis, kami semua memahami bahwasanya every hypnosis is self hypnosis. Setiap hypnosis sejatinya adalah menghipnosis diri sendiri. Tugas sang hypnotist (orang yang melakukan hypnosis) adalah fasilitator yang mengarahkan/ mengguidance agar seseorang mampu menghipnosis dirinya sendiri.

Lantas bagaimana kalau tanpa keberadaan sang Hypnotist, apakah kita masih bisa menghipnosis diri sendiri?

Jawabannya adalah tentu bisa. Karena bukanka kita yang memiliki kuasa terhadap diri kita. MEmang dalam self hypnosis kendala terbesar adalah ketika kita sudah sampai teta kita sudah tidak bisa mengontrol diri kita. Hal ini menyebabkan kita kesulitan untuk mensugesti diri kita ketika fikiran kita sudah sampai di gelombang teta.

Apa saja manfaat dari Self Hypnosis?

Self Hypnosis, sangat membantu Anda terutama :

1. Yang memiliki masalah kesulitan tidur untuk dapat tidur lebih nyenyak

2. Depresi, baik karena emosi maupun kejadian supaya menjadi lebih tenang,

3. Diet badan/ hypnoslimming

4. Proses melahirkan / Hypno birthing

5. Mempercepat kesembuhan luka

6. Anasthesi / kebal dari rasa

dan Masih ada banyak lagi

Oh iya, sebelumnya saya ingin memperkenalkan bahwa fikiran manusia memiliki Empat gelombang yaitu:

– Gelombang Beta, adalah gelombang fikiran ketika kita

sedang bekerja , dalam keadaan ini kita memiliki focus kerja antara 5 – 9 hal sekaligus,

– Gelombang Alfa, adalah gelombang fikiran ketika kita sedang sant

ai / rileks , dalam keadaan ini kita memiliki focus kerja antara 3 -5 hal sekaligus. COntoh kondisi ini kita sudah mulai focus kepada apa yang kita inginkan. Seperti membaca buku, atau pada bandul. Seringkali ketika kita sudah dalam kondisi ini, kepekaan salah satu indra mulai berkurang karena focus kita mulai berkurang. Seperti ketika kita menonton sinetron begitu fokusnya sampai-sampai ada yang memanggil namun kita tidak dengar, itu adalah cirri kita sudah sampai di level Alfa.

– Gelombang Teta, adalah gelombang fikiran ketika kita sudah mulai tertidur , dalam keadaan ini kita memiliki focus kerja antara 1- 3 hal saja. Ini adalah sebuah kondisi mulai tertidur. Fokus Cuma 1-3 saja,yang mengakibatkan fikiran kita berproses pada satu kejadian. Yang termasuk dalam gelombang ini adalah ketika mengalami Kondisi tidur dengan mimpi.

– Gelombang Delta, adalah gelombang fikiran ketika kita sudah sangat nyenyak tidurnya , dalam keadaan ini kita memiliki focus kerja adalah 0. Karena dalam kondisi ini sudah 0 Fokus, ini berarti kita sudah tidak mempunyai fokus lagi alias benar benar tertidur.. Maka orang yang tidur dalam kondisi ini biasanya tidur tanpa mimpi. Gelombang otak begitu santai. Dan membuat seseorang begitu rilex. ORang yang tidur dalam kondisi seperti ini walau sudah 5 jam, mungkin merasa hanya tidur sekitar 10 menit saja namun merasakan kualtias tidur yang luar biasa.

Kembali ke Self Terapi. Untuk para sahabat yang ingin melakukan self terapi, sering kali losing tujuan ketika sudah mencapai gelombang Teta. Karena pada gelombang Teta subsconscious yang berperan besar,sehingga kita kesulitan untuk memberikan sugesti kepada diri sendiri.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya ikuti langkah berikut ini dalam memulai Self terapi :

1, Inisilaisasi

Tentukan tujuan terapi anda di awal.Silakan anda komunikasikan dengan subconscious/ fikaran bawah sadar anda dengan mengatakan hal ini dalam hati. Hal ini berguna agar fikiran bawah sadar akan mencari solusi terapi yang tepat sehingga ketika anda terbangun anda akan mendapatkan AHA yang anda inginkan

2. Relaksasi/Induksi

Untuk tahapan ini dan berikutnya mungkin lebih enak jika dikombinasikan dengan lagu silk roadnya Kitaro atau deepening blue jika punya.

Ada beberapa cara untuk self induksi , dalam kali ini saya menggunakan metode Counting:

– Metode hitung mundur

Berikut scriptnya :

“ Saya akan meminta diri saya untuk merelaksasi seluruh tubuh saya. Baik wahai tubuhku sekarang ku perintahkan engkau untuk menutup mata dan merasakan rileks serileks mungkin.“

(sambil anda menutup mata tentunya, disini dibutuhkan konruensi, artinya ketika anda memerintahkan diri anda untuk rileks maka anda harus berusaha untuk rileks juga)

“ wahai diriku , mungkin engkau ingin melawan rasa rileks ini, namun semakin melawan entah mengapa engkau akan merasa semakin mengantuk. Mari kita sama sama berhitung wahai diriku, dari 10 sampai 1 dimana setiap hitungan mundur membuat diri kita semakin santai dan rileks.

Sepuluuuuh … Sembiiilaaan … Delapan …. Rasakan bahwa setiap hembusan nafas mengantarkan energy santai yang luar biasa, yang membuat kepala menjadi santai, tenang, damai

Tujuuuh, Enam … Perlahan demi perlahan seolah tenaga hilang dari seluruh tubuh. Engkau merasakan tidak berdaya wahai tubuhku,

Lima , Empat .. Lihatlah bahwa pandangan semakin kabur dan semakin gelap,

Tiga ,

Dua, nikmati bahwa engkau semakin nyenyak diriku

Dan Satu nikmati kedamaian dan ketenangan yang luar biasa “

3. Sugesti

Jika setelah deepening, anda masih bisa mengontrol diri artinya anda telah memasuki gelombang alfa tengah hingga bawah. Manfaatkanlah untuk member sugesti kepada diri anda sendiri.

Tata cara dalam memberikan sugesti adalah :

* Hindari sugesti yang bermuatan kata negative karena fikiran bawah sadar tidak mengenal kata negative, seperrti mulai saat ini saya tidak merokok lagi

* Ucapkan sugesti tersebut berulang-ulang hingga tiga kali

* Hafalkan sugesti jika memungkinkan dari awal, kalau perlu buatlah script sugesti yang ringkas dan baik

* Katakan kepada diri anda, dengan sendirinya nanti saya akan bangun kapanpun saya siap untuk bangun dengan keadaan segar dan penuh semangat

4. Kembali Induksi Deepening

Jika sudah kembali relaksasikan diri anda, bisa dengan menghitung mundur seperti diatas. Atau dengan cara hitung mundur dan hilangkan angka. Scripnya hitung mundur dan hilangkan angka adalah sebagai berikut :

Saya akan menghitung mundur dari 100 . Sekarang di depan saya ada angka 100. Saya akan menghilangkan angka itu dari fikiran saya.

Angka itu sudah hilang, saya ingin tahu apakah saya masih bisa mengingat angka tersebut, angka itu saya kurangi satu sehingga angka itu menjadi 99

Sekarang di depan saya ada angka 99. Saya akan menghilangkan angka itu dari fikiran saya.

Angka itu sudah hilang, saya ingin tahu apakah saya masih bisa mengingat angka tersebut, angka itu saya kurangi satu sehingga angka itu menjadi 98

Sekarang di depan saya ada angka 98. Saya akan menghilangkan angka itu dari fikiran saya.

Angka itu sudah hilang, saya ingin tahu apakah saya masih bisa mengingat angka tersebut, angka itu saya kurangi satu sehingga angka itu menjadi … (Ikuti saja jika anda masih bisa mengingat angka itu, biasanya anda akan sampai di satu angka dimana anda sudah tidak bisa mengingat angka lagi dan menguranginya sehingga anda akan tertidur pulas dan nyenyak)

5. Terminasi/ Kembali sadar

Untuk terminasi biasanya akan bangun dengan sendirinya. Biasanya anda akan bangun setelah mendapatkan solusi. Atau tubuh anda sudah cukup untuk rileksasi

Ketika anda sudah terbagun, silakan cek. Apakah anda sudah puas dengan jawaban dengan subconscious anda ataukah belum? Jika belum bisa diulang kembali proses ini.

Untuk menggunakan self hypnosis paling enak sebelum anda tidur, jadi bisa sekalian anda tidur nyenyak di malam hari. Dan biasakan untuk berdoa atau mungkin bagi yang muslim bisa ditambah shalat witir sebelum self hypnosis. karena itu bisa membantu anda juga loh.

Sumber
http://www.smiletra iner.co.cc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s